Jumat, 10 Maret 2017

DAPTAR TILIK SENAM NIFAS


NO
Langkah-langkah tindakan
A
Sikap dan Prilaku

1
Menyambut ibu dengan ramah

2
Teruji percaya diri dan tidak ragu-ragu

3
Menjaga privasi klien


ALAT Dan BAHAN


Matras


Bantal

B
ISI

1
LATIHAN HARI 1
Pernapasan iga
·         Tujuan :
a.       mendapatkan oksigen yang cukup
b.      memberi tenaga Dan mengurangi kelelahan
c.       memperlancar sirkulasi darah
·         Sikap
Ibu tidur terlentang dengan satu bantal dikepala
Gerakan
-          mengeluarkan nafas dari mulut : iga mengempis hingga terlepas
-          menarik nafas dari hidung : iga mengembang hingga kepalan tangan terdorong ke atas
          Anjuran :  Lakukan latihan ini 15 kali pagi dan sore

2
c. latihan kontraksi ringan otot perut dan otot bokong
·         tujuan :
-          mencegah kesulitan BAB dan BAK
-          membantu kontraksi rahim, sehingga perdarahan cepat berhenti
·         Sikap
-          Tidur terlentang dengan satu bantal dengan kedua lutut lurus  dan kedua tangan disamping
·         Gerakan
-          Tundukan kepala kerutkan pantat kedalam sehingga lepas dari kasur, lepaskan perut sehingga punggung menekan kasur kemudian lepaskan perlahan-lahan
Anjuran : Lakukan 15 kali gerakan pagi dan sore setiap 5 kali gerakan berhenti

3
b. gerakan pergelangan kaki
·         Tujuan :
-          membantu sirkulasi darah ke jantung
-          mencegah bengkak pada pergelangan kaki
·         Sikap
Ibu tidur terlentang dengan satu bantal dikepala dan kedua lutut tetap lurus
·         Gerakan
-          Kaki diputar kearah luar dan arah dalam
            Anjuran : Lakukan sebanyak 2x sehari, bila sudah
            pembengkakan lakukan sesering mingkin.

1.
LATIHAN HARI KE 2
Latihan Otot perut
·         Tujuan : mencegah agar dinding otot perut tidak kendur
·         Sikap
-          Tidur terlentang dengan satu bantal dengan kedua lutut tetap lurus
·         Gerakan
-          Angkat kepala sehingga dagu menyentuh dada lalu perlahan-lahan kembali lakukan gerakan ini 5 kali gerakan
-          Bengkokkan lutut kiri setelah tinggi lalu luruskan kemudian ganti kaki kanan
             Anjuran : lakukan  5 kali gerakan untk setiap kali bergantian

2
b. latihan kaki
·         Sikap
-          Tidur terlentang dengan satu bantal dengan kedua lutut dibengkokan setengan tinggi. Paha menempel satu sama lain
·         Gerakan
-          Kedua lutut dibawah atau direbahkan kesamping kiri setengah rendah
-          Bahu tetap pada kasur kembali lalu ketengah dan dibawa kembali kekanan,
Anjuran : lakukan 5 kali gerakan untuk masing-masing sisi


3
c. latihan untuk mengembalikan rahim
·         Sikap
Tidur tengkurap dengan kedua bantal menyangga perut bagian bawah, satu bantal kecil menyanggah punggung kaki, kepala menoleh ke kiri  atau kekanan, tangan diletakkan dibawah bantal dengan siku sedikit dibengkokan
·           Gerakan
Gerakan ini dipertahankan selama 5 menit untuk setiap sisi kepala, lama kelamaan sampai 20 menit dan gerakan ini dilakukan terus sampai ibu merasa tidak mulas lagi.


4
d. latihan dengan menguatkan otot dada
·         Sikap
-          Duduk atau berdiri dengan kedua tangan saling berpegangan pada lengan bawah dekat siku
-          Badan dan lengan atas membentuk sudut 90 derajat
·           Gerakan
Kedua tangan mendorong lengan kearah siku tanpa menggeser telapak tangan sampai otot dada terasa tertarik kemudian dilepaskan,
Anjuran : lakukan gerakan ini sampai 45 kali setiap 15 kali berhenti sebentar untuk beristirahat

1
LATIHAN HARI 3
Latihan dengan menggunakan otot perut
·           Sikap
-          Tidur terlentang dengan kedua lutut lurus
·           Gerakan
Ayunkan ke dua lengan ke depan atas sambil mengangkat kepala dan bahu sampai setengah duduk lalu kembali perlahan-lahan.
Anjuran : Lakukan 5 kali gerakan

2
b. latihan mempertahankan sikap baik
·           Sikap
Duduk dipinggir tempat tidur atau berdiri dilantai dengan kedua tangan diletakkan diatas kedua sendi

·           Gerakan
-          Putar sendi bahu sama kearah depan, lalu keatas lalu kebelakang , lalu kebawah, lalu kedepan lagi dan seterusnya
-          Pada saat arah putaran ke belakang, maka kedua tulang mendekat satu sama lain
Anjuran : Lakukan 15 kali gerakan untuk setiap 5 kali gerakan berhenti





Tidak ada komentar:

Posting Komentar